Sabtu, 05 September 2015

Berkunjung ke Masjid Nabawi di Kota Suci Madinah Al-Munawwarah

Saat ini saudara-saudara kita sedang menuju Tanah Suci Makkah dan Madinah untuk musim haji tahun 1436 H.  Berbahagia dan bersyukurlah bagi yang mendapat undangan khusus dari ALLAH untuk berkunjung ke rumah-Nya menunaikan Ibadah Haji dan sekalian bisa berziarah ke Makam Rasulullah Muhammad SAW di kota suci Madinah Al-Munawwarah.

Untuk rombongan calon haji kloter awal biasanya dari Tanah Air langsung menuju Madinah. Dan untuk kloter akhir langsung menuju Makkah.
Bagi kloter awal sebelum haji bisa persiapan dulu di Madinah, dan tentunya yang paling diinginkan adalah shalat di Masjid Nabawi dan lebih khusus lagi kalau bisa shalat di Raudah. Raudah yaitu ruangan yang ada di Masjid Nabawi yang posisinya antara makam Rasul SAW dengan mimbarnya. Area Raudah ditandai dengan karpet warna hijau, sementara shaf lain berwarna karpet merah. Shalat di Raudah dan berdo'a di sana Insya ALLAH do'a kita langsung diijabah oleh ALLAH SWT. Makanya tidak heran setiap saat orang berebutan untuk bisa shalat di area Raudah tsb. Untuk jamaah kaum Ibu, diberi waktu khusus untuk bisa shalat di sana dengan pengawalan Askar (Polisi). Sehingga kaum Ibu pada jam khusus tsb bisa leluasa shalat di sana tanpa harus berdesakan dengan jamaah laki-laki.

Masjid Nabawi sangat indah. Pada malam hari bertaburan ribuan watt cahaya lampu. Sementara di siang hari terasnya yang luas ditutupi oleh payung-payung raksasa yang otomatis membuka dan menutup. Walaupun cuaca panas sekalipun, bila kita berada di area Masjid Nabawi akan terasa dingin dan sejuk - betah berlama-lama di dalamnya - shalat sunnah, dzikir, baca Al-Qur'an, dsb.  Di Masjid Nabawi shaf antara laki dan perempuan terpisah, sehingga bila kita berombongan dengan keluarga harus janjian pulangnya ketemu di mana. Selepas shalat jika kita ingin menyampaikan salam dan bershalawat di makam Rasul SAW  bisa dilakukan sambil lewat pulang misalnya. Dan satu lagi yang istimewa di Masjid Nabawi kita bisa sepuasnya Minum Air Zam-Zam sebagaimana di Masjidil Haram, Makkah Al-Mukarramah. di banyak sudut dalam masjid tersedia tong-tong besar dan ribuan gelas sekali minum untuk konsumsi jamaah yang ingin minum Air Zam-Zam yang tersedia dingin dan normal.


Semoga ALLAH SWT memberi kita kesempatan untuk berkunjung dan menunaikan ibadah Haji dan Umrah di Tanah Suci Makkah Al-Mukarramah dan shalat serta  berziarah ke makam Rasul di Madinah Al-Munawwarah. Aaamiin ya ALLAH Ya Rabbal 'Aalamiin . . . .

Berikut kami tampilkan cuplikan foto di Masjid Nabawi. Foto diambil sekitar bulan Februari 2015 yan lalu.























Cikarang, 12 Dzulqaidah 1436H - 05 Sept. 2015