Kamis, 23 Februari 2012

Mari Kita Bikin Blog

Dulu saya terkagum-kagum bila melihat blog yang berseliweran di dunia maya. Macam-macam modelnya, dari yang sederhana sampai yang seperti web professional. Ada yang bersahaja sampai yang cantik jelita.

Saya berpikir bagaimana cara buatnya ya. Sungguh orang-orang tersebut menguasai IT, baru bisa membuat sebuah blog, pikir saya kala itu. Atau pasti ini ada agen atau broker yang khusus mendisain blog-blog tersebut. Pasti dah mahal harganya.


Waktu berlalu, saya tidk pernah berpikir untuk buat blog sendiri. Dari email yang masuk serta searching di Internet banyak tawaran untuk bikin blog. Kisaran harganya bervariasi, yang paling murah sekitar Rp 1 juta, kalau tidak salah.

Saya juga belum ada rasa pengen coba-coba untuk buat blog sendiri, karena kita harus mengerti apa itu HTML, apa itu URL, SEO, RSS Feed. Akh ribet, lagian juga buat apa punya blog sendiri, gumam saya.

Sampai suatu saat saya terkaget dengan hadirnya blog “Sahabat Baik”, ownernya Pak Holil, sahabat yang jarang ketemu, tapi sering interaksi di facebook. Dalam hati saya, wah… hebat Pak Holil ini sudah bisa bikin blog sendiri. Luar biasa . . . .

Dengan hadirnya blog “Sahabat Baik”, saya terinspirasi untuk buat blog sendiri. (Terima kasih Pak Holil, yang sudah menginspirasi saya). Apalagi istri saya aktif mengajar dan mengelola sebuah TK yang sederhana dan saya juga punya usaha kecil-kecilan jual Frozen Food dengan merek dagang yang belum terdaftar – Izzwa Foods, he...he..

” Kenapa tidak “, pikir saya  manfaatkan blog untuk sarana promosi dan menjalin hubungan yang baik dengan relasi, dan orang tua murid - lewat blog, akan terasa lebih baik & professional, seperti dunia usaha yang semuanya punya alamat http://www . . . .

Bismillaahirrahmaanirrahiim . . .

Maka dengan mengucapkan Bismillaahirrahmaanirrahim, dalam  bulan September 2011 yang lalu saya coba untuk membuat sebuah blog dengan nama  sekolah yang dikelola isteri saya. Blog tersebut saya beri nama TKIT-TPQ BAITUL ‘AINI.

Maka mulailah hari itu saya searching belajar blog lewat Mbah Google untuk mempelajari cara membuat, trik mempercantik, cara mengedit, cara merubah, cara memasang, dsb.  Hampir setiap saat saya masuk ke Google untuk hal tersebut. Habis shalat Subuh sebelum berangkat kerja, cari-cari dulu di Google. Pas ada waktu luang, di pabrik searching Google, pulang kerja sampai tengah malam cari-cari lagi. Apa itu HTML, apa itu URL, apa itu SEO, sedikit sudah mulai tahu. Saya benar-benar mulai dari nol, hingga akhirnya  . . . . .

Alhamdulillaahirabbi’aalamiin . . . .

Saya punya dua blog saat ini,  yaitu :

  1. http://tkit-tpqbaitulaini.blogspot.com
  2. http://izzwafoods.blogspot.com
Blog yang pertama digarap agak serius, sementara blog kedua untuk uji coba tips atau trik baru yang didapat dari searching Google. Walaupun kedua blog di atas terlihat sangat amatiran dan sederhana, tapi ada rasa puas untuk memilikinya. Ibarat punya rumah, walau melihat rumah orang lain banyak yang lebih bagus, keren dan wah, tapi begitu berada di rumah sendiri terasa di syurga. Begitulah kira-kira rasanya bila kita punya blog sendiri.

Ibarat rumah baru dan kosong, pasti kita ingin mengisinya dan mempercantiknya sehingga bila ada tamu yang berkunjung ke rumah kita, berharap tamunya betah untuk menetap beberapa saat. Kira-kira begitulah rasanya kalau kita punya blog sendiri.

Dan tentunya keberadaan blog yang kita hadirkan disamping sebagai sarana promosi usaha juga  diniatkan dan kita jadikan sebagai sarana dan media dakwah, menyampaikan amar makruf nahi mungkar . Walaupun kita bukan seorang Ustadz , bukan seorang yang dalam ilmu agamanya, minimal kita bisa berbagi-share tulisan, foto, artikel, dsb yang bisa menggugah dan meningkatkan rasa syukur dan keimanan kita kepada ALLAH SWT.

Ternyata bikin blog itu mudah - tidak serumit yang saya bayangkan.

Mari kita bikin blog , untuk promosi bisnis, dan menyampaikan amar ma'ruf-nahi munkar. 
Insya ALLAH . . . . . .



Cibitung, 01 Rabiul Akhir 1433H/ 23 Februari 2012.

Abuizzat