Minggu, 20 Mei 2012

Alat Peraga Qira'ati untuk Kelas Pra TK (PAUD)

Sesuai target Qiraati anak usia mulai 2,5 tahun sudah bisa untuk diajarkan baca Al-Qur'an. Kelompok ini disebut dengan kelas Pra-TK atau istilah sekarang lebih populer disebut PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).  Media belajar yang digunakan berupa alat peraga yang perlembarnya berisikan maing-masing satu huruf Hijaiyah yang berbaris " fat'hah (baris di atas).".Dan satu paket alat peraga Pra-TK ini berisikan semua huruf dengan satu hurufnya masing-masing 2 lembar yang sama.

Metode pengajarannya dengan mengenalkan kepada anak huruf hijaiyah secara bertahap, untuk beberapa huruf - tidak semua huruf. Misal pertama huruf Alif  (Aa) dulu. Kemudian baru huruf Ba. Setelah paham dua huruf tsb. baru ditambah lagi dengan huruf Ta. Setelah 3 huruf A - Ba - Ta lancar, baru naik ke huruf  selanjutnya.

Metode pengajarannya sbb :
   1 ) Aa
   2)  Ba
   3)  A - A
   4) A - Ba
   5) Ba - A
   6) Ba - Ba
   7) Ta
   8) A - Ta
   9) Ba - Ta
 10) Ta - A
 11) Ta - Ba
 12)  Ta - Ta
 12) A - Ba - Ta
 13) A - Ta - Ba
 14) Ba - A - Ta 
 15) Ba - Ta - Ta
 16) Ba - Ta - Ba
 17) dst.

Urutannya tidak harus seperti di atas. Terserah guru yang mengajar dengan melihat kepada kemampuan anak dalam membedakan huruf. Jika tiga huruf A - Ba - Ta sudah dikuasai baru lanjut dengan penambahan huruf berikutnya. Dan pengetesan bacaan kepada anak maksimal dengan 3 huruf, contoh sbb :

          *  Aa - Aa - Ba 

          *  Sa - Ja - Ja

          *  Fa - Ha - Ra

          * Ka - La - Ma

         *  Na - Sho - Na
          
         *  dst.

Cibitung, 29 Jumadil Akhir 1433H/ 20 May 2012

Ummi Wafda - Guru Qira'ati











2 komentar:

  1. Dimana dapat alat peraga seperti ini ya? Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk alat peraga kami buat sendiri. Dengan pakai komputer program Excel gunakan insert Symbol lalu pilih font Arabic. Diprint sesuai ukuran yang diinginkan dan dilaminating.
      Atau ibu juga bisa pesan dengan searching Google.
      Terimakasih sdh berkunjung ke blog kami.

      Hapus