Minggu, 20 Mei 2012

Alat Peraga Qira'ati untuk Kelas Pra TK (PAUD)

Sesuai target Qiraati anak usia mulai 2,5 tahun sudah bisa untuk diajarkan baca Al-Qur'an. Kelompok ini disebut dengan kelas Pra-TK atau istilah sekarang lebih populer disebut PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).  Media belajar yang digunakan berupa alat peraga yang perlembarnya berisikan maing-masing satu huruf Hijaiyah yang berbaris " fat'hah (baris di atas).".Dan satu paket alat peraga Pra-TK ini berisikan semua huruf dengan satu hurufnya masing-masing 2 lembar yang sama.

Metode pengajarannya dengan mengenalkan kepada anak huruf hijaiyah secara bertahap, untuk beberapa huruf - tidak semua huruf. Misal pertama huruf Alif  (Aa) dulu. Kemudian baru huruf Ba. Setelah paham dua huruf tsb. baru ditambah lagi dengan huruf Ta. Setelah 3 huruf A - Ba - Ta lancar, baru naik ke huruf  selanjutnya.

Metode pengajarannya sbb :
   1 ) Aa
   2)  Ba
   3)  A - A
   4) A - Ba
   5) Ba - A
   6) Ba - Ba
   7) Ta
   8) A - Ta
   9) Ba - Ta
 10) Ta - A
 11) Ta - Ba
 12)  Ta - Ta
 12) A - Ba - Ta
 13) A - Ta - Ba
 14) Ba - A - Ta 
 15) Ba - Ta - Ta
 16) Ba - Ta - Ba
 17) dst.

Urutannya tidak harus seperti di atas. Terserah guru yang mengajar dengan melihat kepada kemampuan anak dalam membedakan huruf. Jika tiga huruf A - Ba - Ta sudah dikuasai baru lanjut dengan penambahan huruf berikutnya. Dan pengetesan bacaan kepada anak maksimal dengan 3 huruf, contoh sbb :

          *  Aa - Aa - Ba 

          *  Sa - Ja - Ja

          *  Fa - Ha - Ra

          * Ka - La - Ma

         *  Na - Sho - Na
          
         *  dst.

Cibitung, 29 Jumadil Akhir 1433H/ 20 May 2012

Ummi Wafda - Guru Qira'ati