Sabtu, 08 Februari 2014

Membuat Slip Tagihan SPP. Slip Gaji Sekolah TK, TPQ, PAUD Madrasah dengan Print Otomatis Menggunakan Program Excel - Look-up

Dalam data statistik yang tersemat di Blog kita ini via Google dapat dilihat persentase pengunjung yang mencari data mengenai "Slip Informasi Tagihan SPP"  cukup banyak. Artikelnya Anda bisa kunjungi  di sini SLIP INFORMASI TAGIHAN SPP 

 Di sini slip berfungsi untuk mengingatkan Orang Tua Murid akan  jumlah tagihan SPP dan yang lainnya yang akan dibayarkan. Dengan adanya slip ini  pihak sekolah tinggal tulis pada slip dan titipkan pada murid untuk dibawa pulang diberikan ke orang tua masing-masing. Kalau muridnya cuma 20 orang, gapapa nulisnya enak dan santai. tapi kalau murid sudah sampai lebih dari 50 orang, keteter deh  . . . .

Belum lagi kalau salah tulis nama, salah tulis kelas, salah tulis jumlah SPP, dsb.
Jadi bagaiman dunk. . . .?
Alhamdulillah ada solusi sederhana. Siapa saja bisa bikin program ini.
Program yang paling akrab dipakai oleh Pemula Komputer, yaitu program Excel dengan fungsi LOOK-UP.

Jadi sebenarnya cerita ini berawal dari bagian TU kami yang keteter dalam menyiapkan SLIP informasi tagihan setiap penarikan SPP. Jumlah Murid TK ditambah TPQ alhamdulillah lebih dai 100 orang, Ibu TU jadi puyeng karena slip harus ditulis satu-persatu.

Alhamdulillah setelah tanya sana-sini sama teman dan juga masukan dari si Mbah (Google) akhirnya program sederhana untuk pengisian Slip Informasi Tagihan bisa terwujud. Kini pengerjaan penyiapan slip informasi tagihan bisa dikerjakan dalam hitungan menit. Cuma ada satu alat tambahan, yaitu printer.

Yang perlu kita persiapkan untuk membuat program ini adalah sbb:
   1) File excel berbentuk Tabel  yang berisikan kolom Nama Murid, Nomor Induk, Kelas, Tagihan SPP, Tagihan lain, Total Tagihan, dan kolom  data lain yang diperlukan jika dibutuhkan. File ini diisi lengkap dengan data sesuai kolom tadi.

Tabel yang berisikan kolom data yang diperlukan

   2) File excel bentuk format SLIP Informasi Tagihan.
   3) Cara pakai nantinya kita tinggal masukkan Nomor Induk saja, dan data yang telah disimpan dalam tabel langsung otomatis terisi.

Bentuk Slip Informasi tagihan setelah diprint

   4) Jika data Tabel ada yang salah, otomatis nanti hasil print juga salah. Jadi harus hati-hati dalam pengisian data Tabel.

Bagi Pengunjung yang ingin pakai program penulisan SLIP INFORMASI TAGIHAN DENGAN SISTEM LOOK-UP, silahkan email ke kami. Insya ALLAH akan kami jawab dengan melampirkan file excel yang sudah jadi. Semoga bermanfaat .

e-mail addres kami sbb :   baitul.aini@gmail.com

Cikarang, 08 Rab. Akhir 1435 H - 08 Februari 2014
Abuizzat

Notes : 19 Feb. 2014
Kini Anda sudah bisa DOWNLOAD file SLIP SPP Otomatis ini.
Silahkan klik link berikut :
                                          DOWNLOAD FILE SLIP SPP SISTIM LOOK-UP