Jumat, 08 Mei 2015

Wisuda Al-Qur'an 2015 - SMA Islam Terpadu (SMA IT) Thariq Bin Ziyad Bekasi

Peserta Wisuda Al-Qur'an yang mendapat Tabungan Pelajar
Jum'at, 01 May 2015 kami orang tua mendapat undangan dari sekolah. Undangan untuk menghadiri acara Wisuda Al-Qur'an yang diadakan oleh SMA Islam Terpadu (SMA IT) Thariq Bin Ziyad, Bekasi. Undangan bersifat khusus, hanya untuk orang tua yang anaknya diwisuda saja. Alhamdulillah rasa syukur dan bangga merekah di hati. Walau anak kami sehari-harinya di rumah kelihatan jarang belajar, jarang menghafal Al-Qur'an, K-Pop, pegangannya HP-bukan buku, kok tiba-tiba mau diwisuda - Wisuda Al-qur'an lagi. Alhamdulillah . . . .


Pagi sesuai jam di undangan pukul 08.00 kami tiba di sekolah, telat  beberpa menit. Kebetulan hari itu Libur Nasional bertepatan dengan Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut May Day. Menjelang acara dimulai diisi dulu dengan penampilan siswa berupa nasyid tanpa musik. Musiknya diganti dengan gumaman dari suara-suara yang menirukan suara gendang, bass dan perkusi. Kemudian dilanjut dengan penampilan marawis dari siswa ikhwan (laki). Dari beberpa kali marawis yang pernah kami lihat sepertinya ini yang terbaik. Tidak salah kalau group marawis SMA IT Thariq Bin Ziyad ini pernah mendapat predikat Juara Umum Marawis Tingkat Kabupaten 2015 (kalau kami gak salah dengar waktu diinfokann oleh MC).

Acara dibuka dengan Tilawatil Qur'an yang dibacakan secara hafalan oleh 2 orang siswa laki-laki yang salah satunya menjabat sebagai Ketua OSIS. Kemudian Sambutan oleh Kepala Sekolah Ustadz Nono Aryandi, sambutan oleh Pembimbing Hafalan Al-Qur'an, Ustadz Makmun, Dan sebelum acara Wisuda diisi dulu dengan Tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Samson Rahman, LC.

Dalam sambutannya Ustadz menekankan keuntungan dunia dan akhirat bagi orang yang selalu dalam hidupnya membaca dan menghafal Al-Qur'an. Salah satu point yang kami ingat beliau mengatakan sebuah sabda Rasulullah SAW yang isinya : "Orang yang menghafal Al-Qur'an dijamin oleh ALLAH tidak akan tersentuh oleh kemiskinan". Masya ALLAH. Dan Ustadz juga mengajak supaya orang tua bersama-sama dengan anggota keluarganya di rumah untuk bangun bersama-sama dan melaksanakan shalat malam (qiyamul lail) minimal sekali dalam sepekan. Suatu ajakan yang bagi keluarga kami memang belum bisa terlaksana.


Selesai tausiyah yang memukau dan penuh semangat oleh Ustadz Samson Rahman, LC, MA, masuk ke Puncak Acara, yaitu Wisuda Al-Qur'an. Yang diwisuda adalah seluruh siswa putra dan putri yang bisa menyelesaikan hafalan Al-Qur'annya selama periode tahun pelajaran 2014-2015. Ada sekitar 110 orang yang diwisuda kali ini, mulai dari hafalan 1 juz, disusul dengan hafalan 2 juz dan 3 Juz - dan untuk hafalan 3 Juz ada 8 orang. Masya ALLAH  . . . .

Masya ALLAH . . . Prestasi yang luar biasa bagi  murid SMA yang hidup sehari-hari penuh dengan godaan dunia yang luar biasa di kiri dan kanan, depan dan belakang mereka tapi masih sanggup mengahafal Al-Qur'an. Suatu prestasi yang memang perlu diapresiasi oleh sekolah dan orang tua. Dan memang sekolah mengapresiasinya dengan memberikan Tabungan Pelajar kepada murid yang selama di SMA (dari kelas 10 s/d 12)  hafal 3 juz senilai Rp 1 juta, dan  Rp. 2 juta untuk yang hafal 4 juz.

Semoga Wisuda Al-Qur'an di SMA IT Thariq Bin Ziyad Bekasi ini bisa menjadi contoh bagi SMA lainnya, dalam rangka kita membentuk generasi muda Islam yang cinta, berakhlak, dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan nya sehari-hari.


Aamiin  ya ALLAH Ya Rabbal 'Aalamiin. .



Cikarang, 19 Rajab 1436 H - 08 May 2015
Abuizzat