Jumat, 11 Desember 2015

Lebih Detail Cara Membuat dan Merancang Sendiri Brosur atau Spanduk untuk Penerimaan Murid Baru TK, PAUD, TPQ dan Madrasah.

Bulan-bulan ini yaitu Desember hampir semua sekolah Favorit Top dan Beken sudah menerima pendaftaran Murid Baru untuk tahun pelajaran 2016-2017.. Bagi sekolah yang belum  mungkin sedang mempersiapkan bagaimana brosur ataupun bentuk spanduk yang akan dipasang untuk penerimaan murid baru. Cara gampang tinggal order ke percetakan termasuk bagaimana bentuk dan disainnya, kita tinggal berikan materinya.  Tapi merancang dan membuat sendiri brosur dan spanduk untuk sekolah kita tentu akan lebih baik karena sesuai dengan selera dan bisa kita kreasikan sesuka hati.



Berikut penulis coba membahas bagaimana detail merancang sebuah spanduk ataupun brosur dengan cara yang paling mudah dan sangat sederhana.. Bisa dipastikan setiap orang bisa membuatnya karena menggunakan program Excel dan Paint.

Ayo kita mulai.

1. Kumpulkan file gambar yang akan kita masukkan sebagai materi brosur dalam format foto (JPG), misal contoh seperti di bawah ini :

Beberapa file gambar format JPG yang akan menjadi bahan isi materi brosur
2. Cari gambar background untuk brosur yang akan dibuat. Untuk gambar background Anda bisa dapatkan di Google. Misalnya searching dengan kata "Background untuk spanduk " Maka bermunculanlah berbagai macam disain background. Simpan beberapa background yang Anda sukai. beri nama filenya, misal back-1, back-2, dst.

Searching di Google untuk  background brosur


Aneka bentuk background hasil searching di Google


3. Buka Program Ex-cel, bikin satu file beri nama, misalnya " Brosur-TK-2016 "
    Lalu klik " insert picture " pada menu dan pilih sebuah gambar/file background yang tadi Anda sudah simpan.

Fungsi INSERT pada Excel

Sekarang file Excel Anda sudah ada backgroundnya, dan siap diisi. Atur lebar bakground sesuai yang diinginkan.



Gambar backgound  yang dipilih


4. Insert gambar yang Anda masukkan dalam brosur, misal pertama kita mulai dengan pilih  gambar LOGO sekolah dulu

langkah pertama disain brosur dengan insert picture

5. Lalu buat tulisan isi brour, untuk hasil yang bagus gunakan dengan   insert Word Art (klik logo A miring). 

Fungsi Word Arts (A) untuk tulisan 


6. Misalnya Anda tulis nama sekolah dulu. : "TKIT BAITUL 'AINI, Membuka Penerimaan Murid Baru " . Untuk setiap kata pilih jenis Font (huruf) yang Anda sukai dan beri warna yang berbeda pada huruf untuk kontras warna yang enak dilihat..

Tulisan dengan menggunakan Word Art 

7. Masukkan lagi beberapa gambar/foto yang Anda tadi sudah siapkan, dan atur penempatannya.


Disain lanjutan dengan tambahan beberapa gambar 


Add caption

8. Brosur Anda sudah hampir jadi. Tambahkan beberapa tulisan/ untuk melengkapi keteranagan pada brosur. Bisa gunakan insert Word Art seperti pada point 5 atau Anda juga bisa pakai insert "Text box".

Hasilnya seperti gambar di bawah 


9. Alhamdulillah sekarang disain muka-1 dari brosur PMB Anda sudah selesai. Tinggal dilanjutkan dengan muka halaman berikutnya.




10. Apabila semua muka halaman brosur sudah selesai, tinggal kita patentkan sehingga bentuknya , menjadi FIX  atau permanen. Bila sudah fix sudah  tidak bisa diedit lagi. Jadi sebelum dibuat fix harus dicheck tulisan yang ada, apa masih ada salah kata, ketinggalan satu huruf, dsb. 

11. Cara menjadikan rancangan brosur dalam bentuk Excel menjadi Fix dalam bentuk JPEG atau PDF, ........


Bersambung  . . . . . . .  .    

Tulisan lanjutannya Anda bisa baca Di SINI Silahkan KLIK

Cibitung, 28 Shafar 1437 H - 10 Desember 2015
Abuizzat

\