Jumat, 25 Desember 2015

Memanfaatkan Libur Panjang Tanpa Bengong Tanpa Keluar Rumah Tanpa Harus Keluar Uang

Tahun ini 2015 - di penghujung tahunnya  bertaburan dengan liburan panjang, Sebagian perusahaan swasta sudah mulai libur di Kamis,  24 Des. 2015 yang bertepatan dengan Hari Libur Maulid Nabi Besar Muhammad SAW - 12 Rabiul Awwal 1437 H. Libur tersebut  bersambung denga Libur Tahun Baru 1 Januari yang jatuh di hari kejepit Jum'at sehingga libur bablas. Dan aktifitas normal kerja baru di mulai Senin, 4 Januari 2016.  Total libur 11 hari - benar-benar libur yang panjaaaang .......


Bagi yang berkantong tebal libur panjang adalah sesuatu banget - bisa jalan-jalan bersama keluarga, menginap di villa atau ambil paket wisata. Atau bisa juga pulang kampung sekalian, apalagi bagi yang tidak sempat mudik waktu Lebaran kemarin. Sehingga tak heran jalan tol kembali padat merayap seperti pas waktu mudik - area wisata penuh sesak ramai luber tumpah ruah.
Tapi bagi kita-kita yang pas-pasan - kantong kempes  ... libur panjang ya CEMING BAE  (kata orang Bekasi) - artinya duduk termenung, ngelamun buang waktu. Hadeuh .... sedih deh ...

Tapi jangan sedih dulu, berikut ini ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan dengan hal yang bermanfaat untuk mengisi liburan tanpa harus keluar rumah dan tanpa harus keluar uang. Apa sajakah itu, berikut mari kita simak :

1. Menghafal Al-Qur'an atau Murajaah.
Bagi yang pengen hafal Qur'an minimal hafal Juz 30 lengkap, saat libur inilah waktunya. Bila hari
biasa sibuk dan tak punya waktu panjang yang luang maka sekarang inilah saatnya Anda untuk berkonsentrasi. Minimal bisa tambah hafalan 1 atau 2 surat pendek di Juz 'Amma. Dan bagi Anda yang sudah banyak hafalannya bisa menambah dengan hafalan baru atau mengulang-ulang hafalan yang sudah ada yang disebut murajaah. Di samping itu bisa Anda tambah juga dengan membaca arti atau terjemahannya sekalian.

2, Melakukan Puasa Sunnah Senin Kamis dan  Puasa Ayyamul Bidh 
Untuk sebagian orang merutinkan puasa sunnah adalah hal yang biasa, tapi belum tentu bagi yang lain karena alasan sibuk kerja, takut haus di siang bolong karena aktifitas, dsb. maka di libur panjang ini kesempatan emas untuk melakukan puasa sunnah Senin Kamis dan puasa Ayyamul Bidh (petengahan bulan). Kebetulan di libur panjang 2015 ini pas ketemu  dengan 2 hari Kamis dan 1 hari Senin,. Dan juga bertepatan dengan puasa Ayyamul Bidh 13, 14 dan 15 Rabiul Awwal 1437H.(25 s.d 27 Des. 2015). Bila tak bisa semuanya diambil minimal bisa kita lakukan di beberapa harinya.

3. Shalat Malam yang Panjang
Maksudnya mumpung libur panjang jadi shalat malamnya (tahajud) agak ditambah rakaatnya. Kalau hari-hari biasa hanya sanggup 2 rakaat plus witir 1 rakaat - dan itupun buru-buru karena mengingat harus bangun dan kerja lagi besoknya, maka di libur panjang ini marilah kita manjakan diri dengan berlama-lama dalam shalat tahajudnya (tapi shalat Subuhnya jangan sampai kesiangan). di waktu libur ini shalat tahajudnya dperbanyak jadi 4 rakaat bahkan sampai 11 rakaat termasuk dengan 3 rakaat witir.  Gak usah khawatir besok paginya ngantuk. Kan libur ... jadi bisa tidur lagi. he.. he ..... (tapi jangan tidur mulu ya ....).

4. Menulis atau Membaca Buku yang Banyak
Seperti sekarang ini penulis lagi libur,  besok libur lagi - lusa libur - masih panjang sampai 4 Januari. Mau pulang kampung gak ada dana, mau jalan-jalan ke mana ya ...? di mana-mana macet, maka pilihannya ialah MENULIS - ini salah satu hasilnya tulisan yang sedang Anda baca.
Di samping itu Anda bisa  juga isi waktunya dengan membaca. Sekarang Anda tidak perlu punya banyak buku, cukup datang ke Mas Google aja. tersedia banyak pilihan bacaan. Tapi pilih bacaan yang bermanfaat ya, jangan buang-buang waktu Anda.

5. Reparasi Barang-barang yang Rusak




Kadang kita mau memperbaiki atap yang bocor, genteng yang pecah, atau pintu lemari yang rusak, kipas angin yang mati, kabel seterikaan yang terkelupas,  dsb. tak ada waktu - alasan sibuk kerja. Sekaranglah saatnya, manfaatkan waktu  libur panjang - jangan Anda sia-siakan. Jangan ditunggu besok aja. Lakukan segera - perbaiki semua yang rusak sehingga bisa terpakai dan berfungsi kembali.


6. Bersih-bersih Rumah atau 5S
Bagi yang hobby bersih-bersih lanjutkan kegemaran Anda. Ini kesempatan emas untuk benar-benar
membuat rumah Anda terasa segar kembali tidak disumpeki dan dijejali dengan barang-barang yang tak terpakai. Untuk yang kerja di pabrik tentu sudah mengenal apa yang disebut 5S atau 3S yaitu kegiatan yang intinya adalah aktifitas bersih-bersih. Dan prinsip ini bisa Anda terapkan di rumah saat libur panjang ini.

 Pertama lakukan SEIRI (sisihkan - memilah), yaitu Anda pisahkan barang yang masih terpakai dengan ynag sudah tidak ada gunanya - Barang yang tidak terpakai dikumpulkan dan dibuang. Bisa juga Anda berikan atau jual ke tukang rongsokan. Kedua lakukan SEITON (susun - mengatur), yaitu barang-barang yang sudah Anda sisihkan  dan masih terpakai disusun, diatur dan disimpan ditempatnya sehingga mudah dicari kembali bila diperlukan. Ketiga lakukan SEISO (sapu - membersihkan). Yaitu Anda bersihkan semua area di rumah Anda mulai dari kamar tidur, ruang tamu, dapur, teras dan lainnya. Sehingga semua ruangan benar-benar telah di sapu bersih dari sampah, debu, laba-laba  dan  kotoran lainnya.

7. Merancang Brosur, Spanduk atau Iklan
Sedangkan untuk Anda yang punya usaha seperti sekolah, warung makan, toko pakaian, jualan on-line dsb - jangan sia-siakan waktu libur panjang ini. Kesempatan bagi Anda untuk merancang brosur, spanduk untuk iklan usaha Anda  Anda bisa menggunakan tools atau program seperti fotoshop, corel atau pakai cara yang simpel yaitu menggunkan Excel. Khusus ntuk yang gampang banyak tulisan yg bisa Anda temukan di blog kita ini. Misal di  DI SINI 

Masih banyak lagi aktifitas lain yang bisa Anda kerjakan untuk mengisi liburan panjang ini, misalnya saja bagi yang hobbi masak bisa coba-coba berkreasi atau test resep baru. Bisa juga dengan membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas. Atau yang tugas kerja dan sekolahnya belum kelar jangan buang waktu libur Anda ini, segera cepat selesaikan.

Ayo jangan buang waktu libur Anda - isi dengan hal yang bermanfaat.


Cibitung, 13 Rabiul Awwal 1437 H - 25 Desember 2015
Abuizzat