Selasa, 10 April 2012

Khotmil Qur'an (Metode Qira'ati) - Pesantren Terpadu Daarul Fikri, Cikarang - Bekasi - 2012


Pada Sabtu, 06 April di Pesantren Terpadu Daarul Fikri, Cikarang Bekasi dilangsungkan acara Khotmil Qur'an. Khotmil Qur'an dimaksud adalah acara Wisuda bagi para Santri yang telah berhasil menyelesaikan Pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an dengan Metode Qira'ati. Peserta yang diwisuda berjumlah total 44 orang yang terdiri dari murid-murid SDIT dan SMPIT Pesantren Daarul Fikri, dan untuk tahun ini adalah angkatan yang ke-3. Yang istimewa dalam acara Khotmil Qur'an kali ini adalah  peserta termudanya, yaitu  seorang murid peremnpuan kelas 2 SDIT.

Acara dimulai pukul 07.00 dengan registrasi peserta beserta orang tua. Kemudian tepat jam 08.00 dilanjutkan dengan acara prosesi Khotmil yang dimulai dengan Murojaah Surat-surat pendek Al-Qur'an di mulai dari Surat Adh-Dhuha sampai Surat An-nas. Kemudian lanjut dengan Surat Al-Fatihah, awal Surat Al-Baqarah, Ayat Kursi dan diakhiri dengan ayat terakhir surat Al-Baqarah. Semua dibaca oleh peserta Khotmil dengan hafalan.

Acara selanjutnya berupa tanya jawab kepada peserta Khotmil. Pertanyaan berupa materi Tajwid, Gharib lengkap dengan Surat dan nomor ayatnya. Pertanyaan diajukan satu-persatu kepada peserta Khotmil. Dan para pengunjungpun yang terdiri dari Orang Tua Murid, Guru dan Undangan diberi kesempatan untuk bertanya kepada peserta secara acak.

Serelah itu dilanjutkan dengan acara penyerahan Ijazah/Sertifikat - dalam Qira'ati disebut SYAHADAH kepada semua peserta yang diberikan langsung oleh Direktur Pesantren Ustadz H. Ahmad Hussein Dahlan, LC, MM, didampingi para Guru. Selesai pembagian Syahadah, dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Pesantren, dan ditutup dengan do'a.

Untuk acara Khotmil Qur'an kali ini dibarengi dengan acara Wisuda TAHFIDZ QUR'AN untuk murid-murid SDIT dan SMPIT Pesantren Terpadu Daarul Fikri. Peserta Tahfiz Qur'an ini cukup banyak, mungkin ada sekitar 40-50 orang. Tahfidz Qur'an kali ini mewisuda murid-murid yang telah hafal Al-Qur'an mulai dari 1 Juz s/d 4 Juz, yaitu Juz 30, 29, 28 dan Juz 27..

Liputan acara bisa dilihat dari foto-foto di bawah ini.

Cikarang, 18 Jumadil Awwal 1433H/ 09 April 2012.

Abuizzat





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar