Minggu, 05 Mei 2013

Mari Mendirikan Taman Penitipan Anak - Memilih Lokasi TPA/Daycare (Tulisan ke-2)

Pada tulisan pertama yang lalu KLIK DI SINI  kita sudah bahas bagaimana prosesdur umum mendirikan Taman Penitipan Anak (TPA) atau Daycare. Kesimpulannya adalah prosedur mendirikan TPA/Daycare sama persis dengan prosedur kita mendirikan TK, PAUD atau TPQ. Yaitu bentuk dulu sebuah Yayasan, lalu baru kita urus SK Domisili dan SK Operasional. Lengkapnya silahkan  LINK DI SINI . (Bila Anda suka tulisan ini silahkan KLIK Google +1. Terima kasih)


Pada tulisan kali  ini akan kita bahas bagaimana memilih lokasi.
Untuk sebuah Taman Penitipan Anak lokasi di mana saja sebenarnya tidak masalah. Yang penting tempatnya nyaman dan membuat anak-anak betah. Cuma saja ada beberapa point yang bisa menunjang keberadaan lokasi suatu TPA atau Daycare  untuk bisa menjadi prioritas pilihan bagi Pelanggan, yaitu sbb:

     1. Terletak di Jalan Utama Kedua (yaitu gang pada jalan utama)
         Bila lokasi di jalan utama seperti boulevard biasanya suara gaduh, hiruk pikuk lalu lintas bisa  mengganggu ketenangan anak-anak. Pilihan jalan utama kedua lebih nyaman dan juga lebih aman. Di samping itu jalan utama kedua lalu lintas tidak begitu ramai sehingga parkir krndaraan bisa lebih leluasa.

     2. Posisi Berada di Gang Buntu.
         Biasanya orang menghindari lokasi yang berada di gang buntu. Padahal gang buntu bisa  memberikan nilai lebih. Lokasi gang buntu lebih aman dari segi lalu lintas kendaraan. Jalan di depan gang buntu bisa dipakai untuk parkir kendaraan tanpa harus mengganggu pengguna lalu lintas lainnya. Pada waktu sore menjelang anak-anak dijemput, pengasuh bisa mengajak bermain di jalanan depan gang buntu dengan rasa aman.

     3. Persimpangan Jalan (Tanah Hook)



         Dari segi marketingnya persimpangan jalan memang lebih menguntungkan. Keberadaa suatu TPA atau Daycare bisa dilihat dari 2 arah, sehingga untuk dikenal lebih mudah. Sisi jalan atau pagar  di persimpangan juga bisa dimanfaatkan untuk pemasangan spanduk yang lebih leluasa. Arah pandang penghuni TPA pun lebih variatif karena bisa melihat 2 posisi.

     4. Lokasi Daycare Menyatu atau Berdekatan dengan Lokasi TK dan TPQ
         Idealnya lokasi Taman Penitipan Anak (TPA) atau Daycare menyatu atau sekompleks dengan sarana pendidikan lainnya seperti TK dan TPQ. Itulah salah satunya alasan kenapa Taman Penitipan Anak (TPA) Baitul 'Aini Islamic Daycare kami sebut dengan TPA Terpadu, karena memang TPA-nya menyatu dengan bangunan sekolah TKIT dan TPQ. Sehingga orang tua  tidak direpotkan dan dipusingkan untuk sekolah TK & TPQ anak mereka. Bagi pengelola TPA juga, menyatunya lokasi Daycare bisa lebih membuat Daycare mereka jadi pilihan dan menjadikan kerja pengasuhan lebih fokus.

Jika seandainya TPA yang mau kita dirikan tidak dilengkapi dengan TK dan TPQ maka carilah posisi yang berdekatan dengan kedua tempat tsb. Sehingga bagi orang tua Daycare yang lokasinya berdekatan dengan TK dan TPQ tentunya akan menjadi pilihan yang lebih diprioritaskan. Karena Daycare/TPA bisa diminta bantu untuk antar jemput anak-anak menuju TK dan TPQ, Dan bagi Daycare pun ini bisa menjadi salah satu point service dalam mempromosikan Taman Penitipan Anaknya.

Cibitung, 05 May 2013 - 25 Jumadil Awal 1434 H

Abuizzat