Senin, 13 April 2020

Anak PAUD & TK Belajar Real Online - Video Teleconference - Bu Guru & Murid Bisa Bertatap Muka dan Berinteraksi Langsung via HP/Notebook

#BelajardiRumah   #StayatHome   #WorkfromHome   #VirusCorona   #Covid19End

Genap 3 pekan sejak Senin, 16 Maret 2020 anak-anak belajar di rumah bersama Bunda dan Ayah falam masa pencegahan Virus Corona (Covid-19) yang saat ini tengah mewabah, sehingga Pemda mengharuskan setiap orang untuk sedapatnya beraktifitas dari rumah, termasuk pelajar. BELAJAR DARI RUMAH.

Banyak tugas belajar yang diberikan oleh Bu Guru melalui media sosial WhatApp (WA)  untuk diselesaikan oleh anak-anak. . Dengan bantuan Bunda dan Ayah di rumah anak-anak belajar dengan dimonitor oleh Bu Guru via HP. Setelah selesai menyelesaikan tugas yang diberikan Bunda diminta untuk upload atau kirim hasil belajar ke Ibu Guru. Ada yang kirim berupa foto, video dan rekaman suara.

 Lama-lama mugkin merasa jenuh juga dengan cara seperti ini sehingga perlu ada penyegaran untuk metoda belajar online tsb.





Terpikirkanlah bagaimana kalau metode video teleconferense dipakai. Dipikir-pikir masa untuk anak sekelas PAUD/TK belajar pakai video conferense segala, sepertinya berlebihan. Mana pula nanti takut dikomplain oleh Orang Tua Murid karena terbebani pulsa atau paket data yang besar. Tapi secara terbatas program ini sudah dicoba  oleh Ibu Guru Helly,  Guru TKIT Baitul 'Aini, Villa Wanasari, namun untuk dijadikan program belajar resmi dimasa Cocid-19 ini sekolah belum berani. Dan  tiba-tiba ada Orang Tua Murid yang kirim pesan bahwa metode belajar yang 3 pekan ini yang notabene banyak tugas cuku merepotkan dan melelahkan. Bunda tersebut memberi saran untuk mencoba belajar real online seperti dengan memakai video teleconference.

Gayung bersambut maka serentak semua Ibu Guru yang di TKIT Baitul 'Aini Metland Cibitung belajar pakai aplikasi Zoom Cloud Meeting untuk mengadakan acara belajar Real Online. Alhamdulillahnya orang tua juga pada setuju dan semangatt untuk mencoba pelajaran seperti ini. Jadi apa yang dikhawatirkan membebani orang tua ternyata tidak. Mungkin karena ini hal baru dan patut dicoba untuk sebuah kemajuan dan tambah wawasan.


Bismillah dengan persiapan yang terbatas maka dimulailah kelas Real Online pada Rabu, 8 April 2020,  dimana Ibu Guru bisa berjumpa dan berinteraksi langsung dengan anak-anak melalui

layar HP/notebook. Anak-anak begitu gembira dan histeria bisa bertemu  dengan Ibu Gurunya walau di dun ia maya  yang telah sebulan tidak pernah bertemu dan bertatap muka, hingga erjadilah interaksi yang benar-benar hidup antara Bu Guru dan murid-muridnya.

Berikut cuplikan foto  suasana belajar Real Online.



Untuk foto2 yang lain bisa dilihat di halaman FB  TKIT Baitul 'Aini pada link berikut di bawah ini :

1. FB1 : Belajar Real Online TKIT Baitul 'Aini
2. FB : 2 Belajar Online TKIT Baitul 'Aini 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar